Senioritas

Kadang bingung juga. Ada orang yang dari sisi umur senior tapi posisinya di bawah kita, dan ada juga yang dari sisi umur masih muda tapi sudah punya wewenang jauh diatas kita. Apakah ini yang disebut dengan senioritas? atau senioritas itu ditunjukan dengan masa kerja yang panjang ? Begitu bergengsikah ketika kita mendapati diri kita menjadi orang senior dalam dunia kerja?

Kalau kita bicara tentang senioritas di dunia kerja sebenarnya apa sih ? apa kita harus selalu hormat dan maturnuwun sama para senior kita di kantor ? atau …. bisa gak kita saling berpelukan dengan senior ini, kerja bareng dan bersama dalam satu team kerja. Umumnya senior memang nyebelin (itu kata yg yunior..) dan si yunior itu bego banget ndablek ‘ di kasih tau gak mau denger pendapat orang (nah ini kata si senior..)

Coba yuks kita lihat beberapa “identitas” senior itu .. mungkin aja kita gak perlu berbete-bete lagi sama si senior ini.

Senior dari segi Usia.
Pernahkah kita memahami orang yang lebih tua dari kita dalam posisi yang lebih rendah dari kita yang baru lulus kemaren? bagaimana perasaaan mereka? Ketika seseorang dari segi usia menjadi “senior” dalam dunia kerja maka dia akan di hormati karena usianya, banyak orang yang akan meminta saran dan menuakan dirinya. Biasanya saran yang diminta akan berhubungan dengan kehidupan di luar dunia kerja. Dalam practice banyak loh dijumpai rekan kerja yang umurnya jauh diatas kita .. tapi posisi mereka jauh di bawah yang lebih muda.

Senior dari segi Wewenang
Seseorang dipandang sebagai senior karena dia mempunya posisi yang tinggi dan wewenang yang luas. Hal ini cukup banyak terjadi – entah dia berusia muda atau tua namun dengan jabatan yang tinggi maka semua karyawan akan begitu tunduk dan memandangnya sebagai si “senior”. Perlu diingat apapun keputusan yang diambil harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang dan hati-hati karena jabatan yang akan menjadi taruhannya. Si senior harus mempunyai keahlian manajemen cukup untuk menghadapi orang lain dan berkomunikasi dalam tingkat elegan yang cukup baik.

Senior dari segi masa kerja
Banyak juga orang yang akan dianggap”senior” ketika masa kerjanya lama di sebuah perusahaan. Orang baru walau dengan jabatan lebih tinggi akan sungkan, karena merasa se”senior” inilah yang lebih paham lika liku kantor dan semua politik kantor yang umum terjadi. Biasanya orang yang senior dari segi masa kerja dianggap sebagai “premannya kantor” .. kadang mereka sangat senang jika di hormati dan “dituakan” dimintakan saran terkait gosipgosip kantor yang aktual..

adakah senior lainnya dalam dunia kerja ?? yuks kita berbagi …

This entry was posted in HRM. Bookmark the permalink.

2 Responses to Senioritas

  1. Doni says:

    ya seringkali senioritas itu menuai masalah, saya menghadapi senior yg tidak mau diberikan saran apapun, merasa dia paling benar

  2. ambarini says:

    Saran saya tetap hormati dia sebagai senior anda, namun anda juga harus bisa membuktikan apa yg menurut anda benar dgn cara-cara cantik dan tidak menyinggung perasaannya sebagai rekan senior

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s