We Offer Career NOT ONLY Job – Perlukah ?

Untuk apa sih sebuah organisasi repot-repot memikirkan perencanaan karir untuk karyawannnya .. bukannya perencanaan karir itu urusan individu? .. kenapa juga organisasi yang harus memikirkan …

Jangan salah, diluar sana ternyata mulai banyak perusahaan dan organisasi besar yang memikirkan perencanaan karir untuk karyawannya .. bahkan salah satu hotel terkemuka di salah satu pojok iklannya menulis, “we offer career not only job” artinya kira-kira kita menawarkan karir dan bukan hanya pekerjaan .. tuing tuing juga kan bacanya .. ternyata perusahaan ini care loh sama kita.. memikirkan juga karir kita .. so’ menarik bukan ‘ nah ini akan mengundang kandidat-kandidat bagus untuk melamar posisi yang diperlukan perusahaan tersebut.. belum-belum perusahaan sudah dapat untung’ kalau banyak kandidat berpotensi yang melamar artinya calon karyawan yang akan di peroleh juga akan kredibel ..

Tapi apa emang perlu ? apa untungnya sih untuk organisasi/perusahaan tersebut memberi kesempatan berkarir untuk karyawannya ?..Ternyata ada beberapa manfaat yang mendorong perusahaan memberikan kesempatan berkarir..

1.Mempersiapkan Kader
Perusahaan/Organisasi siap terhadap kader pengganti kapanpun dibutuhkan. Organisasi sudah mampu merencanakan cadangan untuk posisi-posisi tertentu khususnya posisi yang strategis, sehingga ketika posisi tertentu mengalami kekosongan secara mendadak – organisasi siap dan tidak akan memberikan pengaruh terhadap bagian-bagian lain.

2.Brand Image Organisasi/Perusahaan
Sebuah organisasi/perusahaan akan menjadi semakin bergengsi di mata publik ketika mereka juga mampu menawarkan karir. Pandangan positive masyarakan akan muncul terhadap perusahaan tersebut. Pandangan ini akhirnya akan membentuk citra positive – dan tentunya juga akan menarik orang-orang potensial untuk tertarik bergabung ke dalam organisasi.

3.Membuat Karyawan Menjadi Lebih Berkomitmen & Loyal terhadap Organisasi/Perusahaan
Karyawan bekerja bukan karena kewajiban .. tetapi dengan melihat komitmen organisasi memikirkan karir mereka, hal ini juga akan mengundang karyawan untuk lebih berkomitmen dan loyal terhadap perusahaan. Artinya organisasi tidak hanya menjadikan mereka perahan belaka tetapi juga memikirkan perkembangan individu karyawan tersebut.

4.Mengurangi Ketergantungan pada Figur Karyawan Tertentu
Salah seorang karyawan yang merasakan posisinya strategis dan merasa bahwa organisasi akan membutuhkannya selalu. Karyawan tersebut akan bertindak selayaknya raja kecil di dalam organisasi. Dengan adanya kesempatan yang rata dan terbuka bagi karyawan lain untuk berkarir – maka akan mengurangi ketergantungan perusahaan terhadap sosok raja kecil seperti ini.

5.Menekan Angka Turn Over
Karyawan happy dan loyal terhadap organisasi maka karyawan juga akan merasa betah dan tidak ingin meninggalkan perusahaan tersebut. Angka turn over kecil menunjukan bahwa karyawan nyaman di dalam organisasi tersebut.

6.Memberi Kesempatan Karyawan Tumbuh dan Berkembang
Sebagai seorang individu dengan kebutuhan lahiriah untuk terus berkembang, maka karyawan akan mendapatkan jalan untuk berkembang dan mengembangkan prestasinya sebaik mungkin.

7.Memberikan Rasa Aman Bekerja
Karyawan juga akan merasa aman bekerja di perusahaan ini untuk jangka panjang. Rasa aman akan mengurangi resiko stress kerja dan memberikan perlindungan rasa aman bekerja sehingga akan mampu meningkatkan produktivitas kerja secara maksimal.

 

 

 

 

This entry was posted in Motivasi Kerja and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to We Offer Career NOT ONLY Job – Perlukah ?

  1. Anonymous says:

    Menarik, thanks sharenya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s