Kisah Pemimpin Kehilangan Arah

Alkisah ada 3 ekor Kambing yang akan menempuh perjalanan ke utara. Ketiga ekor Kambing itu adalah; Biti,  Liti, dan  Sibi. 

Pada awalnya mereka sepakat bahwa yang akan memimpin perjalanan ini adalah Biti. Pada awalnya perjalanan berjalan lancar, karena Biti mendengarkan banyak masukan dari dua rekannya. Namun ditengah perjalanan, terdapat masalah karena Biti tidak mampu melakukan analisa dari kacamatanya sendiri ‘ hal ini dikarenakan ia tidak bisa melihat. Biti hanya mampu melakukan analisa terdapat apa yang didengarnya dan tidak menganalisanya lagi secara mendalam.  Perjalananpun kehilangan arah.

Kemudian disepakati untuk mengganti tongkat kepemimpinan ke Liti. Dia mampu melihat sehingga diharapkan perjalanan lancar, karena ia akan mampu melakukan analisa-analisa dari kacamatanya. Namun ditengah perjalanan lagi-lagi bermasalah. Hal ini karena ia hanya bisa melakukan analisa dari kacamatanya sendiri, tanpa bisa mendengar masukan dari orang lain. Lagi-lagi perjalanan kehilangan arah, dan kepemimpinan di lanjutkan oleh Sibi.

Pada awal perjalanan Sibi memimpin dengan baik, ia mampu melihat dan ia mampu mendengar. Namun tanpa diduga lagi-lagi perjalanan tersendat – hal ini karena Sibi tidak bisa mengkomunikasikan apa keputusan-keputusan yang dia buat. Karena Sibi tidak bisa berbicara sehingga komunikasi terhambat.

Pada akhirnya diputuskan Biti,  Liti, dan  Sibi memimpin perjalanan bersama-sama sehingga mereka bisa saling mengisi kekurangan masing-masing. Dan dalam sekejap merekapun bisa mencapai tujuannya dengan baik.

Pembelajaran dari kisah diatas ?
seorang pemimpin yang baik diharapkan mampu mendengar masukan-masukan, mampu secara bijak melihat permasalahan dan kekuatan yang ada, serta mampu mengkomunikasikan keputusan dan hasil analisanya kepada pengikutnya.

This entry was posted in Leadership and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s