Perempuan & Negosiasi Gaji

Oleh. Ambarini

Mengejutkan ..
ternyata ada hubungan antara perempuan dengan negosiasi terutama mengenai negosiasi gaji..
tapi ini bukan berarti perempuan tidak mampu bernegosiasi !!

Dalam sebuah penelitian di US teridentifikasi bahwa kaum perempuan tidak mau melakukan negosiasi gaji. Terdapat perbedaan yang besar antara rata-rata gaji yang diterima seorang profesional perempuan dengan profesional laki-laki ketika karir mereka terus meningkat.

Bukan berarti seorang perempuan tidak punya kemampuan dalam melakukan negosiasi tetapi kebanyakan perempuan masih merasa sungkan dan mengikuti norma-norma sosial di masyarakat. Pada umumnya seorang perempuan berperilaku mengikuti norma-norma dan juga stereotipe yang melekat pada diri seorang perempuan, misalnya; sebagai seorang perempuan jangan terlalu berambisi dalam karir.

Khususnya lagi dalam sebuah budaya yang menganggap “power” ada di tangan seorang laki-laki, akan membuat seorang perempuan berpikir dua kali untuk maju. Banyak perempuan yang tidak bisa menyampaikan secara langsung apa yang dipikirkannya karena mereka memikirkan dampak dan berhati-hati dalam mengambil keputusan, bahkan ketika melakukan negosiasi gaji banyak yang merasa malu, sungkan atau kurang percaya diri untuk mengutarakan berapa gaji yang diinginkannya.

Lain halnya dengan seorang laki-laki, mereka biasanya begitu berambisi melihat peluang dan bisa menyampaikan secara langsung apa yang diinginkannya, termasuk ketika melakukan negosiasi gaji maka kaum laki-laki akan secara blak-blak’an menyampaikan berapa gaji yang diinginkannya dan melakukan negosiasi langsung.

Sehingga sesungguhnya masalah perbedaan gaji yang diterima perempuan dan laki-laki adalah berada di tangan kaum perempuan itu sendiri ketika melakukan negosiasi awal. Seberapa mereka bisa bernegosiasi menjual kemampuannya maka mereka pasti bisa mendapatkan gaji yang setara dengan seorang laki-laki di posisi yang sama.

Reference:
Wade, M E 2001, Women & salary negotiation, Psychology of women quarterly.

This entry was posted in Wanita & Karir and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s