MSDM dan Personalia – Berbedakah ?

Oleh : Ambarini

Dalam perkembangannya, MSDM mengalami perkembangan peran yang sangat signifikan. MSDM bukan hanya berperan sebagai mitra strategis sebuah organisasi, tapi juga berperan sebagai ahli administrasi, wakil karyawan dan agen perubahan.

Manajemen Personalia adalah suatu sistem di dalam Manajemen Sumber Daya Manusia yang melakukan fungsi pencatatan dan administrasi yang terkait dengan karyawan di dalam sebuah organisasi. Sebagai seorang ahli administrasi maka MSDM harus mampu melaksanakan tugas personalia. Sedangkan Manajemen Sumber Daya Manusia ada dalam lingkup yang lebih luas, suatu bagian dari Manajemen sebuah organisasi yang mengelola produktivitas dan efektivitas kinerja Sumber Daya Manusia (Karyawan) di dalam sebuah organisasi.

Manajemen Sumber Daya Manusia tidak hanya melakukan fungsi pencatatan data karyawan saja tetapi juga berpikir ke arah strategis bagaimana karyawan di dalam sebuah organisasi mampu bekerja lebih efektif dan mampu meningkatkan kinerjanya untuk mendukung organisasi mencapai tujuannya. Di dalam Manajemen Sumber Daya Manusia juga terdapat beberapa fungsi lain, misalnya saja; fungsi perencanaan Sumber Daya Manusia, fungsi recruitment dan seleksi Sumber Daya Manusia, fungsi pengembangan Sumber Daya Manusia dan fungsi pemeliharaan Sumber Daya Manusia.

Bisa dikatakan bahwa Manajemen Personalia merupakan salah satu fungsi yang berada di dalam Manajemen Sumber Daya Manusia. So, Jangan disamakan antara Personalia dan MSDM.

About these ads
This entry was posted in HRM and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s